Informasi oh informasi

image

Sekarang adalah jaman keterbukaan informasi, dengan perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat sehingga begitu akrabnya generasi sekarang dengan istilah facebook, twitter, blog, khususnya yang berkaitan dengan teknologi internet dan juga alat komunikasi yang canggih seperti teleponpun ada yang berbasis android ada juga dengan platform lain seperti symbian dan balkberry, serta multi fungsi termasuk peralatan komputer yang makin hebat, berbagai pilihan komputer, laptop, notebook, netbook, tablet dengan pemimpinnya Ipad dan Samsung Galaxy Tabnya.. tapi kembali kepada hal pokok yag sederhana yaitu apa sih yang dimaksud dengan informasi?...

 

saya mencoba menelusuri tentang pengertian informasi ini, diantaranya :

Pertama, informasi adalah keterangan, pernyataan, gagasan dan tanda-tanda yang mengandung nilai, makna dan pesan baik data dan fakta maupun penjelasannya yang dapat dilihat, didengar dan dibaca yang disajikan dengan berbagai kemasan dan format sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi serta elektronik maupun non elektronik.... lengkap pisan pengertiannya yach?.. pasti atuh khan itu pengertian informasi yang ada di Ketentuan Umum Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik pasal 1 butir 1.

Kedua, informasi adalah pesan  dalam bentuk ucapan atau ekspresi atau kumpulan pesan yang terdiri dari simbol atau makna yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan, dapat direkam atau ditransmisika sebagai sinyal melalui gelombang.

kata informasi berasal dari kata perancis kuno 'ínformacion'(1387) yang diambil dari bahasa latin 'ínformationem'yang berarti garis besar, konsep dan ide. informasi merupakan kata benda dari 'ínformare' yang berarti 'áktifitas dalam pengetahuan yang dikomunikasikan'... itu versi wikipedia.

 

Ketiga, informasi merupakan fungsi penting untuk membantu mengurangi rasa cemas seseorang, bahwa semakin banyak informasi dapat mempengaruhi atau menambah pengetahuan seseorang dan menimbulkan kesadaran yang akhirnya seseorang akan berperilaku sesuai dengan pengetahuan yang dimilikinya.. itu kata Notoatmodjo (2008).

Wed, 22 Feb 2012 @11:43


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kategori
Cek Domain

Cek Nama Domain ?

INVESTASI MASA DEPAN
Blogku yg Lain

Copyright © 2021 AKWard · All Rights Reserved