Tips Membuat Laporan Bahan Berita

image

 

Seiring rangkaian tugas di Bagian Humas setda Pemprov Jabar maka semakin terasa keterbatasan pengetahuan yang berkaitan dengan sense of media, maka seiring berjalannya sang waktu, pencairan ilmu pun berjalan disela-sela kesibukan yang mendera dan menuntut kecepatan serta ketepatan dalam menyelesaikan berbagai urusan yang berkaitan dengan tugas pokok kehumasan pemerintah. Berikut adalah hasil diskusi dengan saudara alif nur anhar salah satu tim peliput kegiatan pimpinan yang merupakan reporter pemerintah yang handal.

Yang paling mendasar dalam reportase adalah bagaimana imdividu yang bertugas sebagai reporter mampu membuat rilis atau bahan berita yang dapat memenuhi kaidah jurnalistik dan estetis, maka berikut adalah panduan sederhana dan praktis yang menjadi pedoman bagi TPKP Pemprov Jabar dan ataupun siapapun yang memerlukan informasi ini.

Dalam membuat laporan, minimal mengandung unsur-unsur sebagai berikut :

1. Acara dilaksanakan kapan (when), reporter mencatat kapan kegiatan pimpinan dilaksanakan, terdiri dari; hari, tanggal, bulan dan tahun. Bisa juga dicantumkan keterangan; pagi, siang, sore atau malam hari. Seperti; Acara maulid Nabi SAW 1431 H dilaksanakan pada Kamis (2/5) malam.

2. Acara dilaksanakan dimana (where), reporter mencatat dimana kegiatan tersebut diselenggarakan. Seperti; Maulid Nabi SAW 1431 H dilaksanakan di Masjid An-Nur, Desa Tenjolaya, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor atau Rakornas APPSI dilaksanakan di Gedung Merdeka, Jl Asia Afrika Bandung, Jawa Barat.

3. Kenapa atau mengapa acara tersebut dilaksanakan. Dalam hal ini reporter wajib menyimak sambutan ataupun arahan yang disampaikan dalam acara tersebut. Atau juga bisa dilihat dari buku panduan acara. Seperti; acara Gubernur Saba Lembur dilakukan guna mendorong peran aktif masyarakat dalam pembangunan Jawa Barat.

4. Siapa (who) pelaksananya. Seperti; acara pendaratan perdana pesawat Airbus A320 di Husein Sastranegara dilaksanakan oleh kru Air Asia dibantu jajaran Dinas Perhubungan Jawa Barat.

5. Acara tersebut dihadiri siapa saja (whom). Seperti; Apel peringatan Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas, selain Gubernur Jawa Barat, juga hadir jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Jawa Barat, para Bupati/Walikota, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota se Jawa Barat, dan para siwa SLTP/SLTA se Kota Bandung.

6. Bagaimana (how) atau kondisi acara tersebut dilaksanakan. Seperti; acara Hari Anak Sedunia yang dilaksanakan di Halaman Gedung Sate, Kamis (3/5) pagi itu berlangsung meriah. Meski sederhana, namun antusias peserta yang hadir membuat kegiatan tersebut berjalan sukses. Bahkan pada kesempatan itu Gubernur sempat menggendong seorang anak dan berfoto bersama.

catatan: 
- jika ada singkatan harus diberi keterangan jelas
- nama pejabat harus lengkap dengan jabatannya
- usahakan jangan terlalu banyak menggunkan istilah asing
- bahasa yang digunakan singkat, gaya bahasa aktif dan isi laporan positif
- data tambahan diperlukan dalam memperkaya isi laporan

 

Tue, 24 May 2011 @19:33


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kategori
Cek Domain

Cek Nama Domain ?

INVESTASI MASA DEPAN
Blogku yg Lain

Copyright © 2021 AKWard · All Rights Reserved