Gubernur Jabar Lakukan Pelepasan Bantuan Untuk Korban Bencana

image

 

BANDUNG,(PRLM).-Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan secara resmi, melakukan pelepasan bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar untuk korban bencana alam Tsunami, di Kepulauan Mentawai, Riau dan Gunung Merapi, di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Hari ini saya melepas bantuan dari masyarakat Jawa Barat dan pemerintah provinsi tentunya, untuk saudara-saudara kita yang terkena musibah bencana alam di Merapi dan Mentawai," kata Gubernur seusai acara pelepasan, di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa (9/11).

Menurut dia, sebelumnya Pemerintah Provinsi Jabar akan memberikan bantuan untuk korban Merapi senilai Rp 500 juta. Namun, melihat keadaan yang semakin parah maka bantuan tersebut dinaikkan menjadi Rp1 miliar.

Dia menjelaskan, bantuan yang akan diberikan Pemprov Jabar ke daerah bencana dalam bentuk cek masing-masing senilai Rp 1 Milyar. “ Jadi total untuk bantuan yang akan dikirimkan mencapai Rp 2 Milyar,” katanya.

Dirinya pun mengimbau kepada seluruh masyarakat Jabar yang memiliki penghasilan lebih agar mau menyisihkan sedikit penghasilannya untuk para korban bencana alam di Merapi, Mentawai, dan Wasior. "Saya mengimbau, masyarakat Jawa Barat untuk terus menumbuhkan kepedulian terhadap saudara-saudara kita yang terkena bencana dengan menyisihkan sedikit rezekinya lewat lembaga-lembaga, bisa juga ke Pemrov Jabar atau lembaga sosial lainnya," katanya.

Dia menuturkan, saat ini Pemprov Jawa Barat memiliki dana tak terduga yang nantinya akan digunakan untuk penanggulangan bencana alam sebesar Rp 75 miliar. "Pemrov Jabar memiliki dana tak terduga sekitar Rp75 miliar setiap tahunnya untuk penanggulangan bencana alam di Jabar," katanya.

Selain ada pos untuk dana tak terduga, menurut dia, pihaknya juga memiliki strategi lain untuk menghadapi bencana alam seperti mengoptimalkan fungsi badan penanggulan bencana daerah.

"Khusus untuk antisipasi bencana alam, secara kelembagaan kita punya Badan Penanggulan Bencana Daerah dan pada saat bersama kita juga memiliki anggaran khusus yang tersebar di setiap OPD. Penyebaran itu dilakukan agar nantinya memudahkan untuk pembagian tugas," ujarnya. (A-194/kur)***

---------------------------------------------

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com/node/126787 

 

Sat, 13 Nov 2010 @15:49


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kategori
Cek Domain

Cek Nama Domain ?

INVESTASI MASA DEPAN
Blogku yg Lain

Copyright © 2021 AKWard · All Rights Reserved