Jual Mobil & Ngebut

image

 

Pembicaraan masih berkisar tentang mobil, jika sebelumnya kaitan mobil baru dengan suami (baca http://onlineexpectation.com/article/16620/suami-dan-mobil-baru.html ) nah... tulisan ini adalah berhubungan dengan penggunaan mobil sebagai sarana pendukung mobilitas dalam keseharian kita.

Berbagai merk kendaraan tentu sudah kita kenal, seperti : Toyota, Honda, Nissan, Daihatsu, Mitsubishi, Suzuki, Hyundai, Madza, Timor, Ford, Audi, Volvo, BMW, KIA, termasuk HUMMER, Lamborghini, Ferari dan banyak lagi merk lain yang berseliweran dijalan raya sekitar kita.

Hanya tinggal memilih dengan mencocokan antara kemampuan (Dana), Kemauan dan kenekatan…. Manakala ternyata anggarannya terbatas… (jangan-jangan pengalaman pribadi?.. xixixixi ). Saat ini memang terdapat berbagai kemudahan untuk memiliki mobil idaman, bisa dengan memilih mobil bekas baik tunai lunas ataupun cicilan, atau mobil baru dengan cicilan yang kompetitif.

Sebagai referensi untuk membeli dan menjual mobil bekas khususnya di Kota Bandung, maka penulis berbagi pengalaman, yaaa… kita tinggal meluangkan waktu di hari libur anda dan bergegaslah ke beberapa tempat di Kota Kembang ini. Pilihan pertama adalah di halaman Stadion Persib Jalan Ahmad Yani Bandung dengan label “Persib Gerung-Gerung”, datanglah hari minggu pagi… sepagi mungkin agar mendapat tempat parkir di dalam halaman Stadion Persib, lalu daftar kepada Panitia yang telah bersiap dengan meja dan sound systemnya. Jangan lupa menuliskan diatas selembar kertas data lengkap mobil kita, no telepon termasuk harga, meskipun harga yang paling banyak digunakan adalah Rp. NEGO……… .. setelah kita membayar Rp.30.000,-/mobil di meja panitia kita akan menerima tanda bukti pembayaran dan secarik kertas coklat yang tertulis data kita dan kendaraan kita untuk ditempel di kaca mobil sebagai tanda pengenal dan data umum kendaraan yang akan dijual, selain itu kita mendapat fasilitas iklan di salah satu koran yang terbit di Bandung selama 7 hari dengan perincian, 2 hari berbentuk iklan photo dan 5 hari iklan baris…. Murahkan?... selain itu panitia juga menyediakan organ tunggal plus penyanyi lokal untuk menghibur para penjual dan pengunjung dari showroom mobil massal ini. Bersiaplah nongkrong…. ampe sore.

Maka bersiaplah menerima kunjungan dari para tamu, yang bertanya dengan pertanyaan yang sama…. Berapa harga pas nya?.... tahun berapa?.... gimana mesinnya?.... kaki-kakinya?.... pajak panjang nggak?.... Surat-surat satu tangan?.... dannnnn sebagainya, ada yang nawar seenaknya… ada yang nanya nrocos plus judes… tapi tak sedikit yang ramah, wangi dan ceria… pokonya asyikkk….. karena penulis adalah amatir dalam jual beli mobil dan merupakan pengalaman pertama bertransaksi maka terasa pengalaman berbeda dari rutinitas harian selama ini.

Ternyata…. Hanya hitungan beberapa jam saja, hampir 40 orang yang tertarik dengan mobil yang penulis bawa.. dan di sore hari terjadi transaksi jual beli yang ditindak lanjuti dengan transfer rekening seharga mobil tersebut….. selesai……… cepat dan menyenangkan.

Tempat lain yang menjadi bursa mobkas (mobil bekas) di Kota Bandung adalah di Parkir Timur MAKRO Jalan Soekarno – Hatta Bandung, tempatnya luas dan dapat juga melakukan test drive… ditempat ini juga penulis beberapa kali menjambangi… hunting mobil pengganti karena mobil lawasku ingin segera berganti pemilik alias…. Dijual.

Ada juga di Halaman Stadion Siliwangi Jalan Lombok, tetapi tidak terlalu ramai pengunjung dan mobil yang di pamerkanpun masih relatif sedikit.

Meskipun sebelum mobil terjual, hampir juga kena sindikat penipuan jual beli mobil via ATM. Hal itu terjadi karena keteledoran mencantumkan nomor Handphone pribadi dalam iklan jual mobil di Koran Regional Jawa Barat, padahal hanya di iklankan satu hari saja…. Selengkapnya dapat di baca di http://onlineexpectation.com/article/15625/hatihati-penipuan.html , jadi penulis sarankan untuk tidak mencantumkan nomor Handphone pribadi tapi gunakan nomor handphone lain… demi antisipasi kejadian yang tidak menyenangkan.

Kembali kepada fungsi kendaraan, apalagi mobilnya masih gress atau baru sekalipun, kapasitas mesinnya besar (diatas 2000 cc), bentuk futuristik dan aero dinamis…. Maka ada kesan “sayang kalo dijalankan pelan-pelan, tancap aja……”. Apalagi di Jalan TOL ….. pasti gas diinjek sehabisnya… karena jalannya bagus, lebar dan relatif lurus….

Jangan salah….. berdasarkan perhitungan matematis, pada kecepatan 100 km/jam maka sesorang menjalankan kendaraan dengan kecepatan 27,76 meter per detik dan pada kecepatan 120 km/jam maka seseorang telah menjalankan kendaraan 33,33 meter per detik….. artinya : jika dalam satu detik saja dapat melewati 27 sampai dengan 33 meter maka jika seseorang .. “ngalenyap” atau mengantuk sesaat.. satu detik saja, maka kendaran akan kehilangan kendali sepanjang 27 meter ke depan!!!!!!!!

Kecepatan 100 Km/jam berarti 1 detik = 27,76 meter

Kendaraan 120 Km/jam berarti 1 detik = 33,33 meter

 

Maka berhati – hatilah, jangan terbujuk oleh barunya kondisi kendaraan atau kapasitas mesin yang besar dengan menjalankan sekencang-kencangnya…. Sementara kondis badan kurang prima. Juga manakala terasa mangantuk… menepilah… beritirahatlah dan manfaatkan Rest Area yang terdapat di beberapa tempat strategis sepanjang jalan tol….

Maka hindari menggunakan kendaraan baik di jalan tol atau bukan, HINDARI NGEBUT apalagi MENGANTUK karena berarti mengundang MAUT , apalagi MOBILNYA BUTUT atau bawa orang NGAMUK ..

Selamat berkendaraan dengan aman dan terkendali….

Ngengggggggggggggggg………………………………………………..!!!!!!!!!!


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kategori
Cek Domain

Cek Nama Domain ?

INVESTASI MASA DEPAN
Blogku yg Lain

Copyright © 2021 AKWard · All Rights Reserved