BELASUNGKAWA UNTUK BUMI CENDRAWASIH

Kami, Keluarga Besar Badan Kesbang Pol & Linmasda Provinsi Jawa Barat mengucapakan belasungkawa yang sedalam-dalamnya kepada para korban bencana alam banjir bandang di tanah Papua. Semoga diberikan ketabahan dan ketegaran dalam menghadapi cobaan ini.

 

Diterjang Banjir Bandang, Listrik di Wasior Padam

Rabu, 6 Oktober 2010 - 14:00 wib

Nurlina Umasugi - Okezone

US Geological Survey

 

JAYAPURA - Tiga mesin Pembangkit Listrik di Kabupaten Wasior, Papua Barat, dilaporkan rusak parah akibat diterjang banjir bandang, Senin (4/10/2010).

 

Humas PLN Cabang Jayapura, Dermawan Uloli mengatakan, rusaknya tiga mesin itu membuat PLN Jayapura tidak bisa mendistribusikan listrik ke wilayah tersebut. Akibatnya kawasan Kota Wasior saat ini gelap gulita bila malam hari.

 

"Saat ini, kami tidak bisa melayani pelanggan di Wasior karena rusaknya tiga mesin yang biasa dipakai untuk mendistribusikan listrik ke wilayah itu," kata Wawan via telepon, Rabu (6/10/2010).

 

Dia mengatakan, tiga mesin tersebut masing-masing berkekuatan 500 kilowatt, sedangkan untuk beban puncak di Kabupaten Wasior sebesar 800 kilowatt. Dengan total pelanggan mencapai 608 pelanggan.

 

Lebih lanjutdikatakan Wawan, saat ini langkah utama yang diambil pihak PT PLN Jayapura guna mengatasi masalah pemadaman di Kota Wasior itu adalah mengirimkan tim pendahulu ke lokasi bencana banjir bandang untuk mengecek kerusakan mesin.

"Tim kami berjumlah lima orang yang diberangkatkan ke sana" ujarnya.

 

Sementara itu, Melani warga Wasoir yang dihubungi okezone mengatakan, selain warga mengalami pemadaman listrik akibat rusak mesin pembangkit listrik, warga juga mengalami kesulitan air bersih. Namun pasokan air bersih sedang diupayakan pemda setempat untuk segera dipasok kepada warga korban banjir bandang.

 

Sebelumnya, Senin (4/10/2010) sekira pukul 07.00 WIT, Kota Wasior diterjang air bah setinggi tiga meter, ratusan rumah dan fasilitas umum lainnysa dilaporkan rusak parah serta ratusan warga dinyatakan tewas dan hilang.

 

 

------- Sumber : http://news.okezone.com/ 

 

Jumlah Korban Banjir Wasior Papua Barat Masih Akan Terus BertambahBanjir bandang wasior memang bagaikan sunami yang menyapu bersih wilayah kota Wasior di Papua Barat. Sebanyak 29 warga ditemukan tewas pasca banjir bandang melanda Kota Wasior, Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, Senin (4/10). Sekitar 103 jiwa masih dicari oleh Tim Penanggulangan Bencana Banjir Bandang Wasior.

Sejumlah sarana dan prasarana pemerintahan serta rumah rakyat hancur diterpa air banjir bandang wasior. "Sejak tadi pagi hingga siang, jumlah korban tewas bertambah 19 dengan total 29 jiwa. Sedangkan 103 warga yang dilaporkan hilang masih dicari oleh tim gabungan penanggulangan bencana," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Barat Marthen Luther Rumadas via telepon seluler kepada wartawan, Selasa (5/10) siang.

Penanggulangan bencana banjir bandang Wasior dikendalikan langsung oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat. Pasalnya, aparatur Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Teluk Wondama dinilai tidak tanggap dalam penanganan korban banjir bandang. Bupati dan para kepala dinas di Pemkab Teluk Wondama pada saat terjadinya banjir bandang tidak berada di tempat.

"Bupati dan para kepala dinas baru tiba tadi pagi di Wasior mengikuti sidang gugatan pemilu kada di Mahkamah Konstitusi (MK). Saya tiba di Wasior hanya disambut oleh Kepala Dinas PU Teluk Wondama. Saya sangat kecewa melihat penanganan bencana yang tidak terkoordinasi dengan baik," ungkapnya.

Pihaknya langsung mengambil alih penanggulangan bencana banjir bandang Wasior atas perintah Gubernur Papua Barat Abraham O Ataruri. Aktivitas pelayanan pemerintahan dan perekonomian di Kota Wasior lumpuh total.

Ribuan warga yang selamat dari musibah banjir bandang Wasior Papua Barat kini ditampung di lima tempat. Di antaranya, ruang Bandar Udara Wargono Wasior, masjid Al Falah Wasior, Kantor Bupati (lama), SMP YPK Wasior, dan sejumlah permukiman warga yang berada di dataran tinggi. demiaindonesia.com

------ Sumber : http://besteasyseo.blogspot.com

 

Wed, 6 Oct 2010 @21:05


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kategori
Cek Domain

Cek Nama Domain ?

INVESTASI MASA DEPAN
Blogku yg Lain

Copyright © 2021 AKWard · All Rights Reserved