Indonesia Desak ADB Bentuk Asuransi Bencana

Senin, 10 Mei 2010 19:17 WIB

Penulis : Marchelo

Indonesia Desak ADB Bentuk Asuransi Bencana

Armida Alisjahbana--MI/Rommy Pujianto/rj

JAKARTA--MI: Dalam sidang tahunan Asian Development Bank (ADB) yang dilakukan di Tashkent, Uzbekistan pada 1-4 Mei lalu, Indonesia meminta ADB agar membentuk asuransi bencana atau catastrophic insurance. Asuransi bencana itu nantinya akan membantu negara-negara di Asia yang rentan terhadap bencana alam, termasuk Indonesia sendiri. 


Hal tersebut disampaikan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Armida Alisjahbana di Jakarta, Senin (10/5). "Kita mengajukan dana bencana alam karena banyak negara yang semakin rentan terhadap bencana, termasuk juga Indonesia," ungkapnya. 

Penyampaian usulan tersebut dilakukan Indonesia dalam sidang tahunan ADB karena Indonesia merupakan salah satu pemegang saham ke-6 terbesar di ADB. "Jadi ini seperti Rapat Umum Pemegang Saham-nya. Setiap pemegang saham kemudian menyatakancountry statement," jelasnya. 

Armida datang sebagai Menteri PPN yang alternate governor Indonesia di ADB, menggantikan governor Indonesia di ADB, yaitu Menteri Keuangan. 

Selain usulan asuransi bencana, Indonesia mengusulkan agar ADB dapat membantu pembangunan infrastruktur di negara-negara Asia dengan membentuk dana infrastruktur. "Indonesia mengharapkan agar ADB terus memperhatikan pembiayaan infrastruktur sebagai suatu pondasi pendorong pertumbuhan ekonomi," kata Armida. 

Ia menambahkan bahwa ADB hendaknya mempunyai peran yang sentral dalam pembangunan infrastruktur melalui pemberian pinjaman, bantuan teknik, hibah, dan terlibat dalam inisiatif ASEAN Infrastructure Fund. 

Dalam bidang keuangan, Indonesia juga meminta ADB berpartisipasi dalam pembentukan jaring pengaman keuangan global (global financial safety net). Armida mengungkapkan bahwa partisipasi ADB dalam pembentukan jaring pengaman keuangan global tersebut dinilai penting tidak hanya menyelesaikan krisis, tetapi juga untuk mencegah krisis. (*/OL-03)

---------------------------

Sumber : http://www.mediaindonesia.com/

Mon, 17 May 2010 @09:06


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kategori
Cek Domain

Cek Nama Domain ?

INVESTASI MASA DEPAN
Blogku yg Lain

Copyright © 2021 AKWard · All Rights Reserved